PROFIL KLINIK KUSUMA MEDIKA

 

    C

KLINIK PRATAMA RAWAT INAP KUSUMA MEDIKA

Jl. Raya Babat- Jombang No. 01 Ds. Kalen Kec. Kedungpring Kab. Lamongan

 

 

2024

LAMONGAN

                 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yangt elah memberikan penulis kesempatan untuk menyelesaikan proposal ini. Teriring salawat dan salam untuk insan terindah Nabi Muhammad SAW, sahabat, kerabat dan kita selaku pengikutnya. Amin

Makalah ini, yang terbingkai dalam “Proposal Pendirian Klinik Pratama rawat Inap Kusuma Medika” .Teriring salam untuk semua pihak yang telah membantu terciptanya makalah sederhana ini, serta terimakasih untuk teman-teman yang tanpa Lelah memberi dukungan dan pendapat demi terciptanya makalah ini.

Penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Namun, seperti kata pepatah“Tak Ada Gading Yang Tak Retak”begitupun dengan makalah ini.Kesempurnaan hanya milik-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua.

 

Lamongan,   Januari  2024

 

                                                                                       Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................. i

KATA PENGANTAR............................................................................................... ii

DAFTAR ISI ............................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang ..................................................................................................... 1

B. Visi, Misi Tujuan dan Motto................................................................................. 2

BAB II DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA                            

A. Data Klinik ........................................................................................................... 3

B. Struktur Oranisasi dan Kepengurusan .................................................................. 5

C. Sumber Daya Manusia Ketenagaa........................................................................ 6

D. Struktur Organisasi dan Kepengurusan................................................................ 5

E. Penunjang Medis................................................................................................... 8

F. Surat Izin Praktik .................................................................................................. 9

G. Persetujuan Pembangunan.................................................................................... 31

H. Sertifikat............................................................................................................... 35

I. Marketing( Strategi pemasaran............................................................................... 36

J. Aspek Sosial........................................................................................................... 37

BAB III PENUTUP


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

 

Kesehatan adalah faktor yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan dibidang kesehatan.Sebagai warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,pelayanan tersebut selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan milik swasta atau masyarakat sendiri.

Sistem kesehatan disusun untuk mendapakan hasil guna kesehatan masayarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga di perlukan adanya hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan tersebut.

Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini masyarakat Indonesia mungkin peduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Akan tetapi masayarakat terkadang enggan untuk ke tempat pelayanan kesehatan karena masalah kendaraan yang jaraknya lumayan jauh. Oleh karena itu saya ingin membangun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanan kesehatan dan diharapkan warga dapat dengan segera mendapatkan pertolongan dalam setiap keluhannya atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan ibu dan anak akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya akan meningkat pula.

 

B.       VISI, MISI,TUJUAN  DAN MOTTO

1.  VISI

Menjadi tempat pelayanan kesehatan terbaik yang berdaya saing dengan mengedepankan profesionalitas, keilmuan dan orientasi pasien sehingga dapat tercapai derajat kesehatan yang bermutu.

2.  MISI

1.    Memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan dapat dipertanggung jawabkan secara medis professional

2.    Berorientasi pasien dalam pengambilan keputusan medis dengan pembekalan informasi medis yang terpercaya.

3.    Melaksanakan kerjasama tim yang professional, dinamis dan berdedikasi untuk memberikan hasil terbaik untuk pasien.

4.    Menyediakan jasa layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien yang lebih aman, akurat, dan terjangkau.

5.    Menciptakan sinergitas tenaga kerja kesehatan yang profesional,berkualitas sehingga mampu berdaya saing.

 

3.  TUJUAN

Tujuan Klinik  Pratama Rawat Inap Kusuma Medika adalah :

1.    Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani

2.    Meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.

3.    Meningkatkan kehidupan social ekonomi

4.    Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

     4.MOTTO

“ Anda Sehat Kami Senang”.

   5. LOKASI

Klinik Pratama Rawat Inap Kusuma Medika salah satu klinik swasta yang terletak Jl. Raya Babat-Jombang No.01 Desa. Kalen Kecamatan Kedungpring, Kab. Lamongan.

   

 

                                                BAB II

        DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA

 

A.           Data Klinik

Klinik Pratama Rawat Inap “KUSUMA MEDIKA” merupakan Klinik Swasta melayani 24 jam.

Alamat : Jl. Raya Babat-Jombang No.01, Ds.Kalen, Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Dibangun di atas tanah dengan:

1. Sertifikat HM No

2. IMB   : 1804220002104

3.  SIUP    : 445.254.413.102.2023     

4.  NPW   : 63.666.319.7-645.000

5. No. Tlp : 082142169606

6. Alamat Email : klinikkusumamedika785@gmail.com

 

B.            Data Penanggung Jawab

          Nama     : dr. Bramastia Riswandha Pratomo

          Alamat   : Jl. Pahlawan  No. 57 Rt 001/ Rw 007, Sukomulyo, Lamongan

          No. Hp   : 081331956449

 

C.           Aspek Sumber Daya

1.      Sarana dan Prasarana

1)   Ruang Pendaftaran (administrasi)

Ruang untuk menyelenggarakan pendaftaran. Ruangan ini berapa dibagian depan dilengkapi dengan meja kerja,computer, lemari berkas atau arsip dan telepon.

Kegiatan administrasi meliputi:

a.    Pendataan pasien

b.    Rekam medis pasien

 

2)   Ruang konsultasi dan tindakan

Ruang untuk melakaukan konsultasi oleh profesi kesehatan kepada pasien dan keluarganya, dan untuk melakukan tindakan pada pasien baik berupa tindakan invasive ringan maupun non invasik.

3)   Ruang Depo Obat

Ruang untuk penerimaan resep, pemberian obat dan pengadaan obat-obatan.

4)   Ruang Laboratorium

Ruangan atau kamar tempat melakukan praktek atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya infrastruktur laboratorium yang lengkap.

5)   Kamar mandi / Toilet

Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga kebersihannya karena dengan kamar mandi/ toilet yang bersih citra klinik khususnya ruang rawat inap akan baik. Yang terdiri dari toilet pasien & toilet staf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.           Struktur Organisasi dan Kepengurusan

DOKTER PELAKSANA

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

dr. Novita Kusumah Iswanto

dr. Judi Hari

drg. Imania Halwa El Kariema

LABORATORIUM

Zunaini Mushlihah. A.Md.Kes

 

 

BIDAN

Irma Dama Yanti, A.md. Keb

Vera Risti Winarti, A.md. Keb

 

 

 

APOTEKER

Ety Viana Mobilya Sari, S.Farm

 

ASISTEN APOTEKER

Melani Rini Sutra Warni, A.Md.Farm

 

PERAWAT

Nyi Endah Puspitasari. S.Kep. Ners

Mardanik Eka Rahayu Lestari. S.Kep. Ners

Eko Nuryaqin S.Kep. Ners

Fitria Nurul H. S.Kep. Ners

 

 

 

TENAGA MEDIS

DOKTER PENANGGUNG JAWAB

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

 

PEMILIK /PENANGGUNG JAWAB

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

dr. Novita Kusumah Iswanto

 

 

                 STRUKTUR ORGANISASI KLINIK

E.            Sumber Daya Manusia (Ketenagaan)

Ketenagaan:

1)   Dokter penanggung jawab/pelaksana           : 1 orang dokter umum

2)   Dokter pelaksana                                          : 2 orang dokter umum ( ada STR dan SIP )

3)        Tenaga Kesehatan

·      Perawat:

S1 Ners                                      : 4 orang (STR, SIK)

·      Bidan

D3 Kebidanan                           : 2 orang (STR, SIK)

·      Apoteker

S1 Farmasi                                 : 1 orang (STRA, SIPA

·      Analis Kesehatan

D4 analis kesehatan                   : 1 orang (STR, SIK)

·      Dokter  
 Umum                                       : 3 orang

  Gigi                                          : 1 orang

·      Non Kesehatan 

a.    Administrasi

SMK akutansi                       : 1 orang

b.    Office Girl    

     SMA                                     : 1 Orang

c.    Driver                       

SMA                                     : 1 Orang

F. PELAYANAN

 1. Pelayanan Medis  

a.    Rawat Jalan             

-  BPJS & Umum

b.    Rawat Inap

c.    IGD 24 jam

d.    Oksigen

e.    Nebulizer

f.     EKG

g.    Akupuntur

h.    Sinar Inflaret

i.      USG Kandungan

j.      USG Abdomen

k.    Homecare

l.      KB                                       

m.  Imunisasi                              

 

 

 

 

1.    Penunjang Medis                             

a.    Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium:

1.    SGOT

2.    SGPT

3.    Urea

4.    Kreatinin

5.    widal

6.    Test kehamilan

7.    Urine Lengkap              

8.    Asam Urat                    

9.    Kolesterol

10.     Gula Darah

11.Hepatitis, dll

 

 

 

b.    Depo Obat

Merupakan salah satu unit pelayanan kefarmasian seperti pegadaan menyediakan, mengelola dan mendistribusikan obat-obatan.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.       Poli Gigi

Poli gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan gigi dan mulut, merupakan pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian tindakan  medis pelayanan gigi

1.             Mengatasi Gigi berlubang

2.             Mengatasi penyakit gusi atau gingifitis

3.             Mengatasi gigi sensitf

4.             Kanker mulut

5.             Bau mulut

6.             Sariawan

 

 

 

     c. Sarana Prasarana

1. Fasilitas Ruangan di Klinik Kusuma

Medika       

a.    Ruang tunggu

b.    Ruang periksa                                            

c.    Ruang apotek

d.    Ruaung laboratorium

e.    Ruang tindakan

f.     Penerangan listrik PLN

g.    Kamar mandi/WC

 

 

 

 

 

 

 

2.      Administrasi

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

3.      Ambulance

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Taman Klinik

5.      . Lahan Parkir

Parkir yang memadai dan cukup untuk kendaraan dokter, pengunjung dan    pasien

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


F.Surat Izin Praktik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

G. Persetujuan Pembangunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H. PENGHARGAAN

1. Sertifikat Akreditasi

    Sertifikat akreditasi paripurna merupakan predikat tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di klinik.

 

                                        

 

 

 

2. Sertifikat FASYANKES

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.                   Marketing (Strategi Pemasaran)

Kegiatan Pemasaran klinik Kusuma Medika buka setiap hari 24 jam

Produk/Jasa yang dihasilkan/keunggulan yang dimiliki; produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari Klinik kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter professional dan memiliki surat ijin Praktek yang bekerja pada jam Praktek. Selain itu Klinik Kusuma Medika juga melayani konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.

Kegiatan pemasaran akan dilakukan dengan berinterakasi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di Klinik pelayanan akan diberikan dokter dan bidan kepada pasien semaksimal mungkin dan menggunakan Bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberikan kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit.

J.        Standar Operasional Prosedur (SOP)

Standar Operasional Prosedur Klinik Kusuma Medika :

Pengevaluasian

a.       Akan memperbanyak jumlah brosur dan memperluas penyebaran brosur.

b.      Diadakan rapat setiap bulan untuk semua anggota untuk dilakuakan pengevaluasian.

c.       Disediakan kotak saran untuk pengevaluasiaan sistem pelayanan klinik Kusuma Medika.

K.     Aspek Sosial

Klinik Kusuma Medika juga akan membantu masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang mereka dapat menjangkaunya. Klinik ini juga turut serta upaya-upaya promotive untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indon    COMPANY PROFILE

KLINIK PRATAMA RAWAT INAP KUSUMA MEDIKA

Jl. Raya Babat- Jombang No. 01 Ds. Kalen Kec. Kedungpring Kab. Lamongan

 

 

2024

LAMONGAN

                 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yangt elah memberikan penulis kesempatan untuk menyelesaikan proposal ini. Teriring salawat dan salam untuk insan terindah Nabi Muhammad SAW, sahabat, kerabat dan kita selaku pengikutnya. Amin

Makalah ini, yang terbingkai dalam “Proposal Pendirian Klinik Pratama rawat Inap Kusuma Medika” .Teriring salam untuk semua pihak yang telah membantu terciptanya makalah sederhana ini, serta terimakasih untuk teman-teman yang tanpa Lelah memberi dukungan dan pendapat demi terciptanya makalah ini.

Penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Namun, seperti kata pepatah“Tak Ada Gading Yang Tak Retak”begitupun dengan makalah ini.Kesempurnaan hanya milik-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua.

 

Lamongan,   Januari  2024

 

                                                                                       Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................. i

KATA PENGANTAR............................................................................................... ii

DAFTAR ISI ............................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang ..................................................................................................... 1

B. Visi, Misi Tujuan dan Motto................................................................................. 2

BAB II DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA                            

A. Data Klinik ........................................................................................................... 3

B. Struktur Oranisasi dan Kepengurusan .................................................................. 5

C. Sumber Daya Manusia Ketenagaa........................................................................ 6

D. Struktur Organisasi dan Kepengurusan................................................................ 5

E. Penunjang Medis................................................................................................... 8

F. Surat Izin Praktik .................................................................................................. 9

G. Persetujuan Pembangunan.................................................................................... 31

H. Sertifikat............................................................................................................... 35

I. Marketing( Strategi pemasaran............................................................................... 36

J. Aspek Sosial........................................................................................................... 37

BAB III PENUTUP


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

 

Kesehatan adalah faktor yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan dibidang kesehatan.Sebagai warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,pelayanan tersebut selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan milik swasta atau masyarakat sendiri.

Sistem kesehatan disusun untuk mendapakan hasil guna kesehatan masayarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga di perlukan adanya hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan tersebut.

Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini masyarakat Indonesia mungkin peduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Akan tetapi masayarakat terkadang enggan untuk ke tempat pelayanan kesehatan karena masalah kendaraan yang jaraknya lumayan jauh. Oleh karena itu saya ingin membangun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanan kesehatan dan diharapkan warga dapat dengan segera mendapatkan pertolongan dalam setiap keluhannya atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan ibu dan anak akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya akan meningkat pula.

 

B.       VISI, MISI,TUJUAN  DAN MOTTO

1.  VISI

Menjadi tempat pelayanan kesehatan terbaik yang berdaya saing dengan mengedepankan profesionalitas, keilmuan dan orientasi pasien sehingga dapat tercapai derajat kesehatan yang bermutu.

2.  MISI

1.    Memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan dapat dipertanggung jawabkan secara medis professional

2.    Berorientasi pasien dalam pengambilan keputusan medis dengan pembekalan informasi medis yang terpercaya.

3.    Melaksanakan kerjasama tim yang professional, dinamis dan berdedikasi untuk memberikan hasil terbaik untuk pasien.

4.    Menyediakan jasa layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien yang lebih aman, akurat, dan terjangkau.

5.    Menciptakan sinergitas tenaga kerja kesehatan yang profesional,berkualitas sehingga mampu berdaya saing.

 

3.  TUJUAN

Tujuan Klinik  Pratama Rawat Inap Kusuma Medika adalah :

1.    Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani

2.    Meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.

3.    Meningkatkan kehidupan social ekonomi

4.    Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

     4.MOTTO

“ Anda Sehat Kami Senang”.

   5. LOKASI

Klinik Pratama Rawat Inap Kusuma Medika salah satu klinik swasta yang terletak Jl. Raya Babat-Jombang No.01 Desa. Kalen Kecamatan Kedungpring, Kab. Lamongan.

   

 

                                                BAB II

        DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA

 

A.           Data Klinik

Klinik Pratama Rawat Inap “KUSUMA MEDIKA” merupakan Klinik Swasta melayani 24 jam.

Alamat : Jl. Raya Babat-Jombang No.01, Ds.Kalen, Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Dibangun di atas tanah dengan:

1. Sertifikat HM No

2. IMB   : 1804220002104

3.  SIUP    : 445.254.413.102.2023     

4.  NPW   : 63.666.319.7-645.000

5. No. Tlp : 082142169606

6. Alamat Email : klinikkusumamedika785@gmail.com

 

B.            Data Penanggung Jawab

          Nama     : dr. Bramastia Riswandha Pratomo

          Alamat   : Jl. Pahlawan  No. 57 Rt 001/ Rw 007, Sukomulyo, Lamongan

          No. Hp   : 081331956449

 

C.           Aspek Sumber Daya

1.      Sarana dan Prasarana

1)   Ruang Pendaftaran (administrasi)

Ruang untuk menyelenggarakan pendaftaran. Ruangan ini berapa dibagian depan dilengkapi dengan meja kerja,computer, lemari berkas atau arsip dan telepon.

Kegiatan administrasi meliputi:

a.    Pendataan pasien

b.    Rekam medis pasien

 

2)   Ruang konsultasi dan tindakan

Ruang untuk melakaukan konsultasi oleh profesi kesehatan kepada pasien dan keluarganya, dan untuk melakukan tindakan pada pasien baik berupa tindakan invasive ringan maupun non invasik.

3)   Ruang Depo Obat

Ruang untuk penerimaan resep, pemberian obat dan pengadaan obat-obatan.

4)   Ruang Laboratorium

Ruangan atau kamar tempat melakukan praktek atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya infrastruktur laboratorium yang lengkap.

5)   Kamar mandi / Toilet

Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga kebersihannya karena dengan kamar mandi/ toilet yang bersih citra klinik khususnya ruang rawat inap akan baik. Yang terdiri dari toilet pasien & toilet staf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.           Struktur Organisasi dan Kepengurusan

DOKTER PELAKSANA

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

dr. Novita Kusumah Iswanto

dr. Judi Hari

drg. Imania Halwa El Kariema

LABORATORIUM

Zunaini Mushlihah. A.Md.Kes

 

 

BIDAN

Irma Dama Yanti, A.md. Keb

Vera Risti Winarti, A.md. Keb

 

 

 

APOTEKER

Ety Viana Mobilya Sari, S.Farm

 

ASISTEN APOTEKER

Melani Rini Sutra Warni, A.Md.Farm

 

PERAWAT

Nyi Endah Puspitasari. S.Kep. Ners

Mardanik Eka Rahayu Lestari. S.Kep. Ners

Eko Nuryaqin S.Kep. Ners

Fitria Nurul H. S.Kep. Ners

 

 

 

TENAGA MEDIS

DOKTER PENANGGUNG JAWAB

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

 

PEMILIK /PENANGGUNG JAWAB

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

dr. Novita Kusumah Iswanto

 

 

                 STRUKTUR ORGANISASI KLINIK

E.            Sumber Daya Manusia (Ketenagaan)

Ketenagaan:

1)   Dokter penanggung jawab/pelaksana           : 1 orang dokter umum

2)   Dokter pelaksana                                          : 2 orang dokter umum ( ada STR dan SIP )

3)        Tenaga Kesehatan

·      Perawat:

S1 Ners                                      : 4 orang (STR, SIK)

·      Bidan

D3 Kebidanan                           : 2 orang (STR, SIK)

·      Apoteker

S1 Farmasi                                 : 1 orang (STRA, SIPA

·      Analis Kesehatan

D4 analis kesehatan                   : 1 orang (STR, SIK)

·      Dokter  
 Umum                                       : 3 orang

  Gigi                                          : 1 orang

·      Non Kesehatan 

a.    Administrasi

SMK akutansi                       : 1 orang

b.    Office Girl    

     SMA                                     : 1 Orang

c.    Driver                       

SMA                                     : 1 Orang

F. PELAYANAN

 1. Pelayanan Medis  

a.    Rawat Jalan             

-  BPJS & Umum

b.    Rawat Inap

c.    IGD 24 jam

d.    Oksigen

e.    Nebulizer

f.     EKG

g.    Akupuntur

h.    Sinar Inflaret

i.      USG Kandungan

j.      USG Abdomen

k.    Homecare

l.      KB                                       

m.  Imunisasi                              

 

 

 

 

1.    Penunjang Medis                             

a.    Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium:

1.    SGOT

2.    SGPT

3.    Urea

4.    Kreatinin

5.    widal

6.    Test kehamilan

7.    Urine Lengkap              

8.    Asam Urat                    

9.    Kolesterol

10.     Gula Darah

11.Hepatitis, dll

 

 

 

b.    Depo Obat

Merupakan salah satu unit pelayanan kefarmasian seperti pegadaan menyediakan, mengelola dan mendistribusikan obat-obatan.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.       Poli Gigi

Poli gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan gigi dan mulut, merupakan pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian tindakan  medis pelayanan gigi

1.             Mengatasi Gigi berlubang

2.             Mengatasi penyakit gusi atau gingifitis

3.             Mengatasi gigi sensitf

4.             Kanker mulut

5.             Bau mulut

6.             Sariawan

 

 

 

     c. Sarana Prasarana

1. Fasilitas Ruangan di Klinik Kusuma

Medika       

a.    Ruang tunggu

b.    Ruang periksa                                            

c.    Ruang apotek

d.    Ruaung laboratorium

e.    Ruang tindakan

f.     Penerangan listrik PLN

g.    Kamar mandi/WC

 

 

 

 

 

 

 

2.      Administrasi

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

3.      Ambulance

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Taman Klinik

5.      . Lahan Parkir

Parkir yang memadai dan cukup untuk kendaraan dokter, pengunjung dan    pasien

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


F.Surat Izin Praktik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

G. Persetujuan Pembangunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H. PENGHARGAAN

1. Sertifikat Akreditasi

    Sertifikat akreditasi paripurna merupakan predikat tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di klinik.

 

                                        

 

 

 

2. Sertifikat FASYANKES

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.                   Marketing (Strategi Pemasaran)

Kegiatan Pemasaran klinik Kusuma Medika buka setiap hari 24 jam

Produk/Jasa yang dihasilkan/keunggulan yang dimiliki; produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari Klinik kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter professional dan memiliki surat ijin Praktek yang bekerja pada jam Praktek. Selain itu Klinik Kusuma Medika juga melayani konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.

Kegiatan pemasaran akan dilakukan dengan berinterakasi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di Klinik pelayanan akan diberikan dokter dan bidan kepada pasien semaksimal mungkin dan menggunakan Bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberikan kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit.

J.        Standar Operasional Prosedur (SOP)

Standar Operasional Prosedur Klinik Kusuma Medika :

Pengevaluasian

a.       Akan memperbanyak jumlah brosur dan memperluas penyebaran brosur.

b.      Diadakan rapat setiap bulan untuk semua anggota untuk dilakuakan pengevaluasian.

c.       Disediakan kotak saran untuk pengevaluasiaan sistem pelayanan klinik Kusuma Medika.

K.     Aspek Sosial

Klinik Kusuma Medika juga akan membantu masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang mereka dapat menjangkaunya. Klinik ini juga turut serta upaya-upaya promotive untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia sehat, maka sangat diperlukan pelayanan kesehatan yang optimal dimulai dari tindakan preventif, promotif, dan kuratif kepada setiap individu di lingkungan masyarakat. Kita sadari bersama bahwa peran pihak yayasan dalam mendukung program kesehatan masyarakat sangat penting sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi sekarang ini.

 

 esia sehat, maka sangat diperlukan pelayanan kesehatan yang optimal dimulai dari tindakan preventif, promotif, dan kuratif kepada setiap individu di lingkungan masyarakat. Kita sadari bersama bahwa peran pihak yayasan dalam mendukung program kesehatan masyarakat sangat penting sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi sekarang ini.

 

 K PRATAMA RAWAT INAP KUSUMA MEDIKA

Jl. Raya Babat- Jombang No. 01 Ds. Kalen Kec. Kedungpring Kab. Lamongan

 

 

2024

LAMONGAN

                 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yangt elah memberikan penulis kesempatan untuk menyelesaikan proposal ini. Teriring salawat dan salam untuk insan terindah Nabi Muhammad SAW, sahabat, kerabat dan kita selaku pengikutnya. Amin

Makalah ini, yang terbingkai dalam “Proposal Pendirian Klinik Pratama rawat Inap Kusuma Medika” .Teriring salam untuk semua pihak yang telah membantu terciptanya makalah sederhana ini, serta terimakasih untuk teman-teman yang tanpa Lelah memberi dukungan dan pendapat demi terciptanya makalah ini.

Penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Namun, seperti kata pepatah“Tak Ada Gading Yang Tak Retak”begitupun dengan makalah ini.Kesempurnaan hanya milik-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua.

 

Lamongan,   Januari  2024

 

                                                                                       Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................. i

KATA PENGANTAR............................................................................................... ii

DAFTAR ISI ............................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang ..................................................................................................... 1

B. Visi, Misi Tujuan dan Motto................................................................................. 2

BAB II DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA                            

A. Data Klinik ........................................................................................................... 3

B. Struktur Oranisasi dan Kepengurusan .................................................................. 5

C. Sumber Daya Manusia Ketenagaa........................................................................ 6

D. Struktur Organisasi dan Kepengurusan................................................................ 5

E. Penunjang Medis................................................................................................... 8

F. Surat Izin Praktik .................................................................................................. 9

G. Persetujuan Pembangunan.................................................................................... 31

H. Sertifikat............................................................................................................... 35

I. Marketing( Strategi pemasaran............................................................................... 36

J. Aspek Sosial........................................................................................................... 37

BAB III PENUTUP


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

 

Kesehatan adalah faktor yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan dibidang kesehatan.Sebagai warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,pelayanan tersebut selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan milik swasta atau masyarakat sendiri.

Sistem kesehatan disusun untuk mendapakan hasil guna kesehatan masayarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga di perlukan adanya hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan tersebut.

Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini masyarakat Indonesia mungkin peduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Akan tetapi masayarakat terkadang enggan untuk ke tempat pelayanan kesehatan karena masalah kendaraan yang jaraknya lumayan jauh. Oleh karena itu saya ingin membangun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanan kesehatan dan diharapkan warga dapat dengan segera mendapatkan pertolongan dalam setiap keluhannya atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan ibu dan anak akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya akan meningkat pula.

 

B.       VISI, MISI,TUJUAN  DAN MOTTO

1.  VISI

Menjadi tempat pelayanan kesehatan terbaik yang berdaya saing dengan mengedepankan profesionalitas, keilmuan dan orientasi pasien sehingga dapat tercapai derajat kesehatan yang bermutu.

2.  MISI

1.    Memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan dapat dipertanggung jawabkan secara medis professional

2.    Berorientasi pasien dalam pengambilan keputusan medis dengan pembekalan informasi medis yang terpercaya.

3.    Melaksanakan kerjasama tim yang professional, dinamis dan berdedikasi untuk memberikan hasil terbaik untuk pasien.

4.    Menyediakan jasa layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien yang lebih aman, akurat, dan terjangkau.

5.    Menciptakan sinergitas tenaga kerja kesehatan yang profesional,berkualitas sehingga mampu berdaya saing.

 

3.  TUJUAN

Tujuan Klinik  Pratama Rawat Inap Kusuma Medika adalah :

1.    Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani

2.    Meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.

3.    Meningkatkan kehidupan social ekonomi

4.    Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

     4.MOTTO

“ Anda Sehat Kami Senang”.

   5. LOKASI

Klinik Pratama Rawat Inap Kusuma Medika salah satu klinik swasta yang terletak Jl. Raya Babat-Jombang No.01 Desa. Kalen Kecamatan Kedungpring, Kab. Lamongan.

   

 

                                                BAB II

        DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA

 

A.           Data Klinik

Klinik Pratama Rawat Inap “KUSUMA MEDIKA” merupakan Klinik Swasta melayani 24 jam.

Alamat : Jl. Raya Babat-Jombang No.01, Ds.Kalen, Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Dibangun di atas tanah dengan:

1. Sertifikat HM No

2. IMB   : 1804220002104

3.  SIUP    : 445.254.413.102.2023     

4.  NPW   : 63.666.319.7-645.000

5. No. Tlp : 082142169606

6. Alamat Email : klinikkusumamedika785@gmail.com

 

B.            Data Penanggung Jawab

          Nama     : dr. Bramastia Riswandha Pratomo

          Alamat   : Jl. Pahlawan  No. 57 Rt 001/ Rw 007, Sukomulyo, Lamongan

          No. Hp   : 081331956449

 

C.           Aspek Sumber Daya

1.      Sarana dan Prasarana

1)   Ruang Pendaftaran (administrasi)

Ruang untuk menyelenggarakan pendaftaran. Ruangan ini berapa dibagian depan dilengkapi dengan meja kerja,computer, lemari berkas atau arsip dan telepon.

Kegiatan administrasi meliputi:

a.    Pendataan pasien

b.    Rekam medis pasien

 

2)   Ruang konsultasi dan tindakan

Ruang untuk melakaukan konsultasi oleh profesi kesehatan kepada pasien dan keluarganya, dan untuk melakukan tindakan pada pasien baik berupa tindakan invasive ringan maupun non invasik.

3)   Ruang Depo Obat

Ruang untuk penerimaan resep, pemberian obat dan pengadaan obat-obatan.

4)   Ruang Laboratorium

Ruangan atau kamar tempat melakukan praktek atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya infrastruktur laboratorium yang lengkap.

5)   Kamar mandi / Toilet

Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga kebersihannya karena dengan kamar mandi/ toilet yang bersih citra klinik khususnya ruang rawat inap akan baik. Yang terdiri dari toilet pasien & toilet staf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.           Struktur Organisasi dan Kepengurusan

DOKTER PELAKSANA

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

dr. Novita Kusumah Iswanto

dr. Judi Hari

drg. Imania Halwa El Kariema

LABORATORIUM

Zunaini Mushlihah. A.Md.Kes

 

 

BIDAN

Irma Dama Yanti, A.md. Keb

Vera Risti Winarti, A.md. Keb

 

 

 

APOTEKER

Ety Viana Mobilya Sari, S.Farm

 

ASISTEN APOTEKER

Melani Rini Sutra Warni, A.Md.Farm

 

PERAWAT

Nyi Endah Puspitasari. S.Kep. Ners

Mardanik Eka Rahayu Lestari. S.Kep. Ners

Eko Nuryaqin S.Kep. Ners

Fitria Nurul H. S.Kep. Ners

 

 

 

TENAGA MEDIS

DOKTER PENANGGUNG JAWAB

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

 

PEMILIK /PENANGGUNG JAWAB

dr. Bramastia Riswandha Pratomo

dr. Novita Kusumah Iswanto

 

 

                 STRUKTUR ORGANISASI KLINIK

E.            Sumber Daya Manusia (Ketenagaan)

Ketenagaan:

1)   Dokter penanggung jawab/pelaksana           : 1 orang dokter umum

2)   Dokter pelaksana                                          : 2 orang dokter umum ( ada STR dan SIP )

3)        Tenaga Kesehatan

·      Perawat:

S1 Ners                                      : 4 orang (STR, SIK)

·      Bidan

D3 Kebidanan                           : 2 orang (STR, SIK)

·      Apoteker

S1 Farmasi                                 : 1 orang (STRA, SIPA

·      Analis Kesehatan

D4 analis kesehatan                   : 1 orang (STR, SIK)

·      Dokter  
 Umum                                       : 3 orang

  Gigi                                          : 1 orang

·      Non Kesehatan 

a.    Administrasi

SMK akutansi                       : 1 orang

b.    Office Girl    

     SMA                                     : 1 Orang

c.    Driver                       

SMA                                     : 1 Orang

F. PELAYANAN

 1. Pelayanan Medis  

a.    Rawat Jalan             

-  BPJS & Umum

b.    Rawat Inap

c.    IGD 24 jam

d.    Oksigen

e.    Nebulizer

f.     EKG

g.    Akupuntur

h.    Sinar Inflaret

i.      USG Kandungan

j.      USG Abdomen

k.    Homecare

l.      KB                                       

m.  Imunisasi                              

 

 

 

 

1.    Penunjang Medis                             

a.    Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium:

1.    SGOT

2.    SGPT

3.    Urea

4.    Kreatinin

5.    widal

6.    Test kehamilan

7.    Urine Lengkap              

8.    Asam Urat                    

9.    Kolesterol

10.     Gula Darah

11.Hepatitis, dll

 

 

 

b.    Depo Obat

Merupakan salah satu unit pelayanan kefarmasian seperti pegadaan menyediakan, mengelola dan mendistribusikan obat-obatan.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.       Poli Gigi

Poli gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan gigi dan mulut, merupakan pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian tindakan  medis pelayanan gigi

1.             Mengatasi Gigi berlubang

2.             Mengatasi penyakit gusi atau gingifitis

3.             Mengatasi gigi sensitf

4.             Kanker mulut

5.             Bau mulut

6.             Sariawan

 

 

 

     c. Sarana Prasarana

1. Fasilitas Ruangan di Klinik Kusuma

Medika       

a.    Ruang tunggu

b.    Ruang periksa                                            

c.    Ruang apotek

d.    Ruaung laboratorium

e.    Ruang tindakan

f.     Penerangan listrik PLN

g.    Kamar mandi/WC

 

 

 

 

 

 

 

2.      Administrasi

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

3.      Ambulance

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Taman Klinik

5.      . Lahan Parkir

Parkir yang memadai dan cukup untuk kendaraan dokter, pengunjung dan    pasien

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


F.Surat Izin Praktik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

G. Persetujuan Pembangunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H. PENGHARGAAN

1. Sertifikat Akreditasi

    Sertifikat akreditasi paripurna merupakan predikat tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di klinik.

 

                                        

 

 

 

2. Sertifikat FASYANKES

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.                   Marketing (Strategi Pemasaran)

Kegiatan Pemasaran klinik Kusuma Medika buka setiap hari 24 jam

Produk/Jasa yang dihasilkan/keunggulan yang dimiliki; produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari Klinik kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter professional dan memiliki surat ijin Praktek yang bekerja pada jam Praktek. Selain itu Klinik Kusuma Medika juga melayani konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.

Kegiatan pemasaran akan dilakukan dengan berinterakasi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di Klinik pelayanan akan diberikan dokter dan bidan kepada pasien semaksimal mungkin dan menggunakan Bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberikan kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit.

J.        Standar Operasional Prosedur (SOP)

Standar Operasional Prosedur Klinik Kusuma Medika :

Pengevaluasian

a.       Akan memperbanyak jumlah brosur dan memperluas penyebaran brosur.

b.      Diadakan rapat setiap bulan untuk semua anggota untuk dilakuakan pengevaluasian.

c.       Disediakan kotak saran untuk pengevaluasiaan sistem pelayanan klinik Kusuma Medika.

K.     Aspek Sosial

Klinik Kusuma Medika juga akan membantu masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang mereka dapat menjangkaunya. Klinik ini juga turut serta upaya-upaya promotive untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia sehat, maka sangat diperlukan pelayanan kesehatan yang optimal dimulai dari tindakan preventif, promotif, dan kuratif kepada setiap individu di lingkungan masyarakat. Kita sadari bersama bahwa peran pihak yayasan dalam mendukung program kesehatan masyarakat sangat penting sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi sekarang ini.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini