PROFIL KLINIK KUSUMA MEDIKA
KLINIK PRATAMA RAWAT INAP KUSUMA MEDIKA
2024
LAMONGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yangt
elah memberikan penulis kesempatan untuk menyelesaikan proposal ini. Teriring salawat
dan salam untuk insan terindah Nabi Muhammad SAW, sahabat, kerabat dan kita
selaku pengikutnya. Amin
Makalah ini, yang terbingkai dalam “Proposal Pendirian Klinik Pratama
rawat Inap Kusuma Medika” .Teriring salam untuk semua pihak yang telah membantu
terciptanya makalah sederhana ini, serta terimakasih untuk teman-teman yang
tanpa Lelah memberi dukungan dan pendapat demi terciptanya makalah ini.
Penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Namun,
seperti kata pepatah“Tak Ada Gading Yang Tak Retak”begitupun dengan makalah
ini.Kesempurnaan hanya milik-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua.
Lamongan, Januari
2024
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................................... 1
B. Visi, Misi Tujuan dan Motto................................................................................. 2
BAB II DATA KLINIK
KUSUMA MEDIKA
A. Data Klinik ........................................................................................................... 3
B. Struktur Oranisasi dan Kepengurusan .................................................................. 5
C. Sumber Daya Manusia Ketenagaa........................................................................ 6
D. Struktur Organisasi dan Kepengurusan................................................................
5
E. Penunjang Medis................................................................................................... 8
F. Surat Izin Praktik .................................................................................................. 9
G. Persetujuan Pembangunan.................................................................................... 31
H. Sertifikat............................................................................................................... 35
I. Marketing( Strategi pemasaran............................................................................... 36
J. Aspek Sosial........................................................................................................... 37
BAB III PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kesehatan adalah faktor yang
paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu
lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan dibidang kesehatan.Sebagai
warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak
permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi
permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan
berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,pelayanan tersebut
selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan
milik swasta atau masyarakat sendiri.
Sistem kesehatan disusun untuk
mendapakan hasil guna kesehatan masayarakat secara maksimal dengan cara
mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga di perlukan adanya
hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang
lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup
banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan
kesehatan tersebut.
Dalam kemajuan zaman di era
globalisasi ini masyarakat Indonesia mungkin peduli dan sadar akan pentingnya
kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat
pula. Akan tetapi masayarakat terkadang enggan untuk ke tempat pelayanan kesehatan
karena masalah kendaraan yang jaraknya lumayan jauh. Oleh karena itu saya ingin
membangun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh
warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanan kesehatan
dan diharapkan warga dapat dengan segera mendapatkan pertolongan dalam setiap
keluhannya atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan.
Tingkat kesehatan ibu dan anak akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya
akan meningkat pula.
B. VISI, MISI,TUJUAN DAN MOTTO
1. VISI
Menjadi tempat pelayanan
kesehatan terbaik yang berdaya saing dengan mengedepankan profesionalitas,
keilmuan dan orientasi pasien sehingga dapat tercapai derajat kesehatan yang
bermutu.
2. MISI
1.
Memberikan pelayanan kesehatan
terbaik dan dapat dipertanggung jawabkan secara medis professional
2.
Berorientasi pasien dalam
pengambilan keputusan medis dengan pembekalan informasi medis yang terpercaya.
3.
Melaksanakan kerjasama tim yang
professional, dinamis dan berdedikasi untuk memberikan hasil terbaik untuk
pasien.
4.
Menyediakan jasa layanan
kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien yang lebih aman, akurat, dan
terjangkau.
5.
Menciptakan sinergitas tenaga
kerja kesehatan yang profesional,berkualitas sehingga mampu berdaya saing.
3. TUJUAN
Tujuan Klinik Pratama Rawat Inap Kusuma Medika adalah :
1.
Meningkatkan derajat kesehatan
jasmani dan rohani
2.
Meningkatkan dan memberdayakan
potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.
3.
Meningkatkan kehidupan social
ekonomi
4.
Memberikan pelayanan kepada masyarakat
dalam bidang kesehatan.
4.MOTTO
“ Anda Sehat Kami
Senang”.
5. LOKASI
Klinik Pratama
Rawat Inap Kusuma Medika salah satu klinik swasta yang terletak Jl. Raya
Babat-Jombang No.01 Desa. Kalen Kecamatan Kedungpring, Kab. Lamongan.
BAB II
DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA
A.
Data
Klinik
Klinik Pratama Rawat Inap “KUSUMA
MEDIKA” merupakan Klinik Swasta melayani 24 jam.
Alamat : Jl. Raya Babat-Jombang No.01, Ds.Kalen,
Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Dibangun di atas tanah
dengan:
1.
Sertifikat HM No
2. IMB :
1804220002104
3.
SIUP : 445.254.413.102.2023
4. NPW : 63.666.319.7-645.000
5. No. Tlp : 082142169606
6. Alamat Email : klinikkusumamedika785@gmail.com
B.
Data
Penanggung Jawab
Nama
: dr. Bramastia Riswandha Pratomo
Alamat : Jl. Pahlawan No. 57 Rt 001/ Rw 007, Sukomulyo, Lamongan
No.
Hp : 081331956449
C.
Aspek
Sumber Daya
1.
Sarana dan Prasarana
1)
Ruang Pendaftaran (administrasi)
Ruang untuk menyelenggarakan pendaftaran. Ruangan
ini berapa dibagian depan dilengkapi dengan meja kerja,computer, lemari berkas
atau arsip dan telepon.
Kegiatan administrasi meliputi:
a.
Pendataan pasien
b.
Rekam medis pasien
2)
Ruang konsultasi dan tindakan
Ruang untuk melakaukan konsultasi oleh profesi
kesehatan kepada pasien dan keluarganya, dan untuk melakukan tindakan pada
pasien baik berupa tindakan invasive ringan maupun non invasik.
3)
Ruang Depo Obat
Ruang untuk penerimaan resep, pemberian obat dan
pengadaan obat-obatan.
4)
Ruang Laboratorium
Ruangan atau kamar tempat melakukan praktek atau
penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya
infrastruktur laboratorium yang lengkap.
5)
Kamar mandi / Toilet
Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga
kebersihannya karena dengan kamar mandi/ toilet yang bersih citra klinik
khususnya ruang rawat inap akan baik. Yang terdiri dari toilet pasien &
toilet staf.
D.
Struktur
Organisasi dan Kepengurusan
DOKTER
PELAKSANA dr. Bramastia
Riswandha Pratomo dr. Novita Kusumah
Iswanto dr. Judi Hari drg. Imania Halwa El
Kariema |
LABORATORIUM Zunaini
Mushlihah. A.Md.Kes
|
BIDAN Irma
Dama Yanti, A.md. Keb Vera
Risti Winarti, A.md. Keb
|
APOTEKER Ety
Viana Mobilya Sari, S.Farm
ASISTEN APOTEKER Melani
Rini Sutra Warni, A.Md.Farm
|
PERAWAT Nyi
Endah Puspitasari. S.Kep. Ners Mardanik
Eka Rahayu Lestari. S.Kep. Ners Eko
Nuryaqin S.Kep. Ners Fitria
Nurul H. S.Kep. Ners
|
TENAGA
MEDIS |
DOKTER PENANGGUNG
JAWAB dr.
Bramastia Riswandha Pratomo
|
PEMILIK /PENANGGUNG
JAWAB dr.
Bramastia Riswandha Pratomo dr.
Novita Kusumah Iswanto
|
E.
Sumber
Daya Manusia (Ketenagaan)
Ketenagaan:
1)
Dokter penanggung jawab/pelaksana : 1 orang dokter umum
2)
Dokter pelaksana : 2
orang dokter umum ( ada STR dan SIP )
3)
Tenaga Kesehatan
·
Perawat:
S1 Ners : 4 orang
(STR, SIK)
·
Bidan
D3
Kebidanan : 2
orang (STR, SIK)
·
Apoteker
S1 Farmasi : 1 orang
(STRA, SIPA
·
Analis Kesehatan
D4 analis
kesehatan : 1 orang
(STR, SIK)
·
Dokter
Umum
:
3 orang
Gigi : 1
orang
·
Non Kesehatan
a.
Administrasi
SMK akutansi :
1 orang
b.
Office Girl
SMA : 1 Orang
c.
Driver
SMA :
1 Orang
F. PELAYANAN
a.
Rawat Jalan
- BPJS
& Umum
b.
Rawat Inap
c.
IGD 24 jam
d.
Oksigen
e.
Nebulizer
f.
EKG
g.
Akupuntur
h.
Sinar Inflaret
i.
j.
USG Abdomen
k.
Homecare
l.
KB
m. Imunisasi
1.
a. Laboratorium
Pemeriksaan laboratorium:
1.
SGOT
2.
SGPT
3.
Urea
4.
Kreatinin
5.
widal
6.
Test kehamilan
7.
Urine Lengkap
8.
Asam Urat
9.
Kolesterol
10.
Gula Darah
11.Hepatitis,
dll
b. Depo Obat
Merupakan
salah satu unit pelayanan kefarmasian seperti pegadaan menyediakan, mengelola
dan mendistribusikan obat-obatan.
c. Poli Gigi
Poli gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan
gigi dan mulut, merupakan pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian
tindakan medis pelayanan gigi
1.
Mengatasi Gigi berlubang
2.
Mengatasi penyakit gusi atau
gingifitis
3.
4.
Kanker mulut
5.
Bau mulut
6.
Sariawan
1. Fasilitas Ruangan di Klinik Kusuma
Medika
a.
Ruang tunggu
b.
Ruang periksa
c.
Ruang apotek
d.
Ruaung laboratorium
e.
Ruang tindakan
f.
Penerangan listrik PLN
g.
Kamar mandi/WC
2.
Administrasi
3.
4.
Taman Klinik
5.
. Lahan Parkir
Parkir yang memadai dan cukup
untuk kendaraan dokter, pengunjung dan pasien
F.Surat
Izin Praktik
G. Persetujuan Pembangunan
H. PENGHARGAAN
1. Sertifikat Akreditasi
Sertifikat akreditasi paripurna merupakan
predikat tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang
diterapkan di klinik.
2. Sertifikat FASYANKES
I.
Marketing
(Strategi Pemasaran)
Kegiatan Pemasaran
klinik Kusuma Medika buka setiap hari 24 jam
Produk/Jasa
yang dihasilkan/keunggulan yang dimiliki; produk yang kami jual adalah
pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari Klinik kami
adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter professional dan memiliki
surat ijin Praktek yang bekerja pada jam Praktek. Selain itu Klinik Kusuma
Medika juga melayani konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang jaga
maupun dokter jaga setiap hari.
Kegiatan
pemasaran akan dilakukan dengan berinterakasi antar individu, saling bertemu
muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan
mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
Di Klinik pelayanan akan diberikan dokter dan bidan kepada pasien semaksimal
mungkin dan menggunakan Bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain
itu pasien selalu diberikan kontrak agar kembali berobat di klinik apabila
sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga
apabila akan dirujuk ke rumah sakit.
J.
Standar Operasional Prosedur (SOP)
Standar Operasional Prosedur Klinik
Kusuma Medika :
Pengevaluasian
a.
Akan memperbanyak jumlah brosur
dan memperluas penyebaran brosur.
b.
Diadakan rapat setiap bulan untuk
semua anggota untuk dilakuakan pengevaluasian.
c.
Disediakan kotak saran untuk
pengevaluasiaan sistem pelayanan klinik Kusuma Medika.
K.
Aspek
Sosial
Klinik Kusuma Medika juga akan membantu masyarakat
sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga
kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang
mereka dapat menjangkaunya. Klinik ini juga turut serta upaya-upaya promotive
untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan
lingkungan yang sehat dan bersih.
BAB III
PENUTUP
Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indon COMPANY PROFILE
KLINIK PRATAMA RAWAT INAP KUSUMA MEDIKA
2024
LAMONGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yangt
elah memberikan penulis kesempatan untuk menyelesaikan proposal ini. Teriring salawat
dan salam untuk insan terindah Nabi Muhammad SAW, sahabat, kerabat dan kita
selaku pengikutnya. Amin
Makalah ini, yang terbingkai dalam “Proposal Pendirian Klinik Pratama
rawat Inap Kusuma Medika” .Teriring salam untuk semua pihak yang telah membantu
terciptanya makalah sederhana ini, serta terimakasih untuk teman-teman yang
tanpa Lelah memberi dukungan dan pendapat demi terciptanya makalah ini.
Penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Namun,
seperti kata pepatah“Tak Ada Gading Yang Tak Retak”begitupun dengan makalah
ini.Kesempurnaan hanya milik-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua.
Lamongan, Januari
2024
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................................... 1
B. Visi, Misi Tujuan dan Motto................................................................................. 2
BAB II DATA KLINIK
KUSUMA MEDIKA
A. Data Klinik ........................................................................................................... 3
B. Struktur Oranisasi dan Kepengurusan .................................................................. 5
C. Sumber Daya Manusia Ketenagaa........................................................................ 6
D. Struktur Organisasi dan Kepengurusan................................................................
5
E. Penunjang Medis................................................................................................... 8
F. Surat Izin Praktik .................................................................................................. 9
G. Persetujuan Pembangunan.................................................................................... 31
H. Sertifikat............................................................................................................... 35
I. Marketing( Strategi pemasaran............................................................................... 36
J. Aspek Sosial........................................................................................................... 37
BAB III PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kesehatan adalah faktor yang
paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu
lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan dibidang kesehatan.Sebagai
warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak
permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi
permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan
berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,pelayanan tersebut
selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan
milik swasta atau masyarakat sendiri.
Sistem kesehatan disusun untuk
mendapakan hasil guna kesehatan masayarakat secara maksimal dengan cara
mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga di perlukan adanya
hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang
lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup
banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan
kesehatan tersebut.
Dalam kemajuan zaman di era
globalisasi ini masyarakat Indonesia mungkin peduli dan sadar akan pentingnya
kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat
pula. Akan tetapi masayarakat terkadang enggan untuk ke tempat pelayanan kesehatan
karena masalah kendaraan yang jaraknya lumayan jauh. Oleh karena itu saya ingin
membangun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh
warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanan kesehatan
dan diharapkan warga dapat dengan segera mendapatkan pertolongan dalam setiap
keluhannya atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan.
Tingkat kesehatan ibu dan anak akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya
akan meningkat pula.
B. VISI, MISI,TUJUAN DAN MOTTO
1. VISI
Menjadi tempat pelayanan
kesehatan terbaik yang berdaya saing dengan mengedepankan profesionalitas,
keilmuan dan orientasi pasien sehingga dapat tercapai derajat kesehatan yang
bermutu.
2. MISI
1.
Memberikan pelayanan kesehatan
terbaik dan dapat dipertanggung jawabkan secara medis professional
2.
Berorientasi pasien dalam
pengambilan keputusan medis dengan pembekalan informasi medis yang terpercaya.
3.
Melaksanakan kerjasama tim yang
professional, dinamis dan berdedikasi untuk memberikan hasil terbaik untuk
pasien.
4.
Menyediakan jasa layanan
kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien yang lebih aman, akurat, dan
terjangkau.
5.
Menciptakan sinergitas tenaga
kerja kesehatan yang profesional,berkualitas sehingga mampu berdaya saing.
3. TUJUAN
Tujuan Klinik Pratama Rawat Inap Kusuma Medika adalah :
1.
Meningkatkan derajat kesehatan
jasmani dan rohani
2.
Meningkatkan dan memberdayakan
potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.
3.
Meningkatkan kehidupan social
ekonomi
4.
Memberikan pelayanan kepada masyarakat
dalam bidang kesehatan.
4.MOTTO
“ Anda Sehat Kami
Senang”.
5. LOKASI
Klinik Pratama
Rawat Inap Kusuma Medika salah satu klinik swasta yang terletak Jl. Raya
Babat-Jombang No.01 Desa. Kalen Kecamatan Kedungpring, Kab. Lamongan.
BAB II
DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA
A.
Data
Klinik
Klinik Pratama Rawat Inap “KUSUMA
MEDIKA” merupakan Klinik Swasta melayani 24 jam.
Alamat : Jl. Raya Babat-Jombang No.01, Ds.Kalen,
Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Dibangun di atas tanah
dengan:
1.
Sertifikat HM No
2. IMB :
1804220002104
3.
SIUP : 445.254.413.102.2023
4. NPW : 63.666.319.7-645.000
5. No. Tlp : 082142169606
6. Alamat Email : klinikkusumamedika785@gmail.com
B.
Data
Penanggung Jawab
Nama
: dr. Bramastia Riswandha Pratomo
Alamat : Jl. Pahlawan No. 57 Rt 001/ Rw 007, Sukomulyo, Lamongan
No.
Hp : 081331956449
C.
Aspek
Sumber Daya
1.
Sarana dan Prasarana
1)
Ruang Pendaftaran (administrasi)
Ruang untuk menyelenggarakan pendaftaran. Ruangan
ini berapa dibagian depan dilengkapi dengan meja kerja,computer, lemari berkas
atau arsip dan telepon.
Kegiatan administrasi meliputi:
a.
Pendataan pasien
b.
Rekam medis pasien
2)
Ruang konsultasi dan tindakan
Ruang untuk melakaukan konsultasi oleh profesi
kesehatan kepada pasien dan keluarganya, dan untuk melakukan tindakan pada
pasien baik berupa tindakan invasive ringan maupun non invasik.
3)
Ruang Depo Obat
Ruang untuk penerimaan resep, pemberian obat dan
pengadaan obat-obatan.
4)
Ruang Laboratorium
Ruangan atau kamar tempat melakukan praktek atau
penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya
infrastruktur laboratorium yang lengkap.
5)
Kamar mandi / Toilet
Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga
kebersihannya karena dengan kamar mandi/ toilet yang bersih citra klinik
khususnya ruang rawat inap akan baik. Yang terdiri dari toilet pasien &
toilet staf.
D.
Struktur
Organisasi dan Kepengurusan
DOKTER
PELAKSANA dr. Bramastia
Riswandha Pratomo dr. Novita Kusumah
Iswanto dr. Judi Hari drg. Imania Halwa El
Kariema |
LABORATORIUM Zunaini
Mushlihah. A.Md.Kes
|
BIDAN Irma
Dama Yanti, A.md. Keb Vera
Risti Winarti, A.md. Keb
|
APOTEKER Ety
Viana Mobilya Sari, S.Farm
ASISTEN APOTEKER Melani
Rini Sutra Warni, A.Md.Farm
|
PERAWAT Nyi
Endah Puspitasari. S.Kep. Ners Mardanik
Eka Rahayu Lestari. S.Kep. Ners Eko
Nuryaqin S.Kep. Ners Fitria
Nurul H. S.Kep. Ners
|
TENAGA
MEDIS |
DOKTER PENANGGUNG
JAWAB dr.
Bramastia Riswandha Pratomo
|
PEMILIK /PENANGGUNG
JAWAB dr.
Bramastia Riswandha Pratomo dr.
Novita Kusumah Iswanto
|
E.
Sumber
Daya Manusia (Ketenagaan)
Ketenagaan:
1)
Dokter penanggung jawab/pelaksana : 1 orang dokter umum
2)
Dokter pelaksana : 2
orang dokter umum ( ada STR dan SIP )
3)
Tenaga Kesehatan
·
Perawat:
S1 Ners : 4 orang
(STR, SIK)
·
Bidan
D3
Kebidanan : 2
orang (STR, SIK)
·
Apoteker
S1 Farmasi : 1 orang
(STRA, SIPA
·
Analis Kesehatan
D4 analis
kesehatan : 1 orang
(STR, SIK)
·
Dokter
Umum
:
3 orang
Gigi : 1
orang
·
Non Kesehatan
a.
Administrasi
SMK akutansi :
1 orang
b.
Office Girl
SMA : 1 Orang
c.
Driver
SMA :
1 Orang
F. PELAYANAN
a.
Rawat Jalan
- BPJS
& Umum
b.
Rawat Inap
c.
IGD 24 jam
d.
Oksigen
e.
Nebulizer
f.
EKG
g.
Akupuntur
h.
Sinar Inflaret
i.
j.
USG Abdomen
k.
Homecare
l.
KB
m. Imunisasi
1.
a. Laboratorium
Pemeriksaan laboratorium:
1.
SGOT
2.
SGPT
3.
Urea
4.
Kreatinin
5.
widal
6.
Test kehamilan
7.
Urine Lengkap
8.
Asam Urat
9.
Kolesterol
10.
Gula Darah
11.Hepatitis,
dll
b. Depo Obat
Merupakan
salah satu unit pelayanan kefarmasian seperti pegadaan menyediakan, mengelola
dan mendistribusikan obat-obatan.
c. Poli Gigi
Poli gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan
gigi dan mulut, merupakan pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian
tindakan medis pelayanan gigi
1.
Mengatasi Gigi berlubang
2.
Mengatasi penyakit gusi atau
gingifitis
3.
4.
Kanker mulut
5.
Bau mulut
6.
Sariawan
1. Fasilitas Ruangan di Klinik Kusuma
Medika
a.
Ruang tunggu
b.
Ruang periksa
c.
Ruang apotek
d.
Ruaung laboratorium
e.
Ruang tindakan
f.
Penerangan listrik PLN
g.
Kamar mandi/WC
2.
Administrasi
3.
4.
Taman Klinik
5.
. Lahan Parkir
Parkir yang memadai dan cukup
untuk kendaraan dokter, pengunjung dan pasien
F.Surat
Izin Praktik
G. Persetujuan Pembangunan
H. PENGHARGAAN
1. Sertifikat Akreditasi
Sertifikat akreditasi paripurna merupakan
predikat tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang
diterapkan di klinik.
2. Sertifikat FASYANKES
I.
Marketing
(Strategi Pemasaran)
Kegiatan Pemasaran
klinik Kusuma Medika buka setiap hari 24 jam
Produk/Jasa
yang dihasilkan/keunggulan yang dimiliki; produk yang kami jual adalah
pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari Klinik kami
adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter professional dan memiliki
surat ijin Praktek yang bekerja pada jam Praktek. Selain itu Klinik Kusuma
Medika juga melayani konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang jaga
maupun dokter jaga setiap hari.
Kegiatan
pemasaran akan dilakukan dengan berinterakasi antar individu, saling bertemu
muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan
mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
Di Klinik pelayanan akan diberikan dokter dan bidan kepada pasien semaksimal
mungkin dan menggunakan Bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain
itu pasien selalu diberikan kontrak agar kembali berobat di klinik apabila
sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga
apabila akan dirujuk ke rumah sakit.
J.
Standar Operasional Prosedur (SOP)
Standar Operasional Prosedur Klinik
Kusuma Medika :
Pengevaluasian
a.
Akan memperbanyak jumlah brosur
dan memperluas penyebaran brosur.
b.
Diadakan rapat setiap bulan untuk
semua anggota untuk dilakuakan pengevaluasian.
c.
Disediakan kotak saran untuk
pengevaluasiaan sistem pelayanan klinik Kusuma Medika.
K.
Aspek
Sosial
Klinik Kusuma Medika juga akan membantu masyarakat
sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga
kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang
mereka dapat menjangkaunya. Klinik ini juga turut serta upaya-upaya promotive
untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan
lingkungan yang sehat dan bersih.
BAB III
PENUTUP
Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia sehat, maka sangat
diperlukan pelayanan kesehatan yang optimal dimulai dari tindakan preventif,
promotif, dan kuratif kepada setiap individu di lingkungan masyarakat. Kita
sadari bersama bahwa peran pihak yayasan dalam mendukung program kesehatan
masyarakat sangat penting sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi sekarang ini.
esia sehat, maka sangat
diperlukan pelayanan kesehatan yang optimal dimulai dari tindakan preventif,
promotif, dan kuratif kepada setiap individu di lingkungan masyarakat. Kita
sadari bersama bahwa peran pihak yayasan dalam mendukung program kesehatan
masyarakat sangat penting sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi sekarang ini.
K PRATAMA RAWAT INAP KUSUMA MEDIKA
2024
LAMONGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya yangt
elah memberikan penulis kesempatan untuk menyelesaikan proposal ini. Teriring salawat
dan salam untuk insan terindah Nabi Muhammad SAW, sahabat, kerabat dan kita
selaku pengikutnya. Amin
Makalah ini, yang terbingkai dalam “Proposal Pendirian Klinik Pratama
rawat Inap Kusuma Medika” .Teriring salam untuk semua pihak yang telah membantu
terciptanya makalah sederhana ini, serta terimakasih untuk teman-teman yang
tanpa Lelah memberi dukungan dan pendapat demi terciptanya makalah ini.
Penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Namun,
seperti kata pepatah“Tak Ada Gading Yang Tak Retak”begitupun dengan makalah
ini.Kesempurnaan hanya milik-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk semua.
Lamongan, Januari
2024
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................................... 1
B. Visi, Misi Tujuan dan Motto................................................................................. 2
BAB II DATA KLINIK
KUSUMA MEDIKA
A. Data Klinik ........................................................................................................... 3
B. Struktur Oranisasi dan Kepengurusan .................................................................. 5
C. Sumber Daya Manusia Ketenagaa........................................................................ 6
D. Struktur Organisasi dan Kepengurusan................................................................
5
E. Penunjang Medis................................................................................................... 8
F. Surat Izin Praktik .................................................................................................. 9
G. Persetujuan Pembangunan.................................................................................... 31
H. Sertifikat............................................................................................................... 35
I. Marketing( Strategi pemasaran............................................................................... 36
J. Aspek Sosial........................................................................................................... 37
BAB III PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kesehatan adalah faktor yang
paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu
lembaga atau balai yang bisa menangani pelayanan dibidang kesehatan.Sebagai
warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak
permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi
permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan
berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,pelayanan tersebut
selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan
milik swasta atau masyarakat sendiri.
Sistem kesehatan disusun untuk
mendapakan hasil guna kesehatan masayarakat secara maksimal dengan cara
mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga di perlukan adanya
hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang
lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup
banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan
kesehatan tersebut.
Dalam kemajuan zaman di era
globalisasi ini masyarakat Indonesia mungkin peduli dan sadar akan pentingnya
kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat
pula. Akan tetapi masayarakat terkadang enggan untuk ke tempat pelayanan kesehatan
karena masalah kendaraan yang jaraknya lumayan jauh. Oleh karena itu saya ingin
membangun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh
warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanan kesehatan
dan diharapkan warga dapat dengan segera mendapatkan pertolongan dalam setiap
keluhannya atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan.
Tingkat kesehatan ibu dan anak akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya
akan meningkat pula.
B. VISI, MISI,TUJUAN DAN MOTTO
1. VISI
Menjadi tempat pelayanan
kesehatan terbaik yang berdaya saing dengan mengedepankan profesionalitas,
keilmuan dan orientasi pasien sehingga dapat tercapai derajat kesehatan yang
bermutu.
2. MISI
1.
Memberikan pelayanan kesehatan
terbaik dan dapat dipertanggung jawabkan secara medis professional
2.
Berorientasi pasien dalam
pengambilan keputusan medis dengan pembekalan informasi medis yang terpercaya.
3.
Melaksanakan kerjasama tim yang
professional, dinamis dan berdedikasi untuk memberikan hasil terbaik untuk
pasien.
4.
Menyediakan jasa layanan
kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien yang lebih aman, akurat, dan
terjangkau.
5.
Menciptakan sinergitas tenaga
kerja kesehatan yang profesional,berkualitas sehingga mampu berdaya saing.
3. TUJUAN
Tujuan Klinik Pratama Rawat Inap Kusuma Medika adalah :
1.
Meningkatkan derajat kesehatan
jasmani dan rohani
2.
Meningkatkan dan memberdayakan
potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.
3.
Meningkatkan kehidupan social
ekonomi
4.
Memberikan pelayanan kepada masyarakat
dalam bidang kesehatan.
4.MOTTO
“ Anda Sehat Kami
Senang”.
5. LOKASI
Klinik Pratama
Rawat Inap Kusuma Medika salah satu klinik swasta yang terletak Jl. Raya
Babat-Jombang No.01 Desa. Kalen Kecamatan Kedungpring, Kab. Lamongan.
BAB II
DATA KLINIK KUSUMA MEDIKA
A.
Data
Klinik
Klinik Pratama Rawat Inap “KUSUMA
MEDIKA” merupakan Klinik Swasta melayani 24 jam.
Alamat : Jl. Raya Babat-Jombang No.01, Ds.Kalen,
Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Dibangun di atas tanah
dengan:
1.
Sertifikat HM No
2. IMB :
1804220002104
3.
SIUP : 445.254.413.102.2023
4. NPW : 63.666.319.7-645.000
5. No. Tlp : 082142169606
6. Alamat Email : klinikkusumamedika785@gmail.com
B.
Data
Penanggung Jawab
Nama
: dr. Bramastia Riswandha Pratomo
Alamat : Jl. Pahlawan No. 57 Rt 001/ Rw 007, Sukomulyo, Lamongan
No.
Hp : 081331956449
C.
Aspek
Sumber Daya
1.
Sarana dan Prasarana
1)
Ruang Pendaftaran (administrasi)
Ruang untuk menyelenggarakan pendaftaran. Ruangan
ini berapa dibagian depan dilengkapi dengan meja kerja,computer, lemari berkas
atau arsip dan telepon.
Kegiatan administrasi meliputi:
a.
Pendataan pasien
b.
Rekam medis pasien
2)
Ruang konsultasi dan tindakan
Ruang untuk melakaukan konsultasi oleh profesi
kesehatan kepada pasien dan keluarganya, dan untuk melakukan tindakan pada
pasien baik berupa tindakan invasive ringan maupun non invasik.
3)
Ruang Depo Obat
Ruang untuk penerimaan resep, pemberian obat dan
pengadaan obat-obatan.
4)
Ruang Laboratorium
Ruangan atau kamar tempat melakukan praktek atau
penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya
infrastruktur laboratorium yang lengkap.
5)
Kamar mandi / Toilet
Fasilitas diatur sesuai kebutuhan, dan harus dijaga
kebersihannya karena dengan kamar mandi/ toilet yang bersih citra klinik
khususnya ruang rawat inap akan baik. Yang terdiri dari toilet pasien &
toilet staf.
D.
Struktur
Organisasi dan Kepengurusan
DOKTER
PELAKSANA dr. Bramastia
Riswandha Pratomo dr. Novita Kusumah
Iswanto dr. Judi Hari drg. Imania Halwa El
Kariema LABORATORIUM Zunaini
Mushlihah. A.Md.Kes BIDAN Irma
Dama Yanti, A.md. Keb Vera
Risti Winarti, A.md. Keb APOTEKER Ety
Viana Mobilya Sari, S.Farm ASISTEN APOTEKER Melani
Rini Sutra Warni, A.Md.Farm PERAWAT Nyi
Endah Puspitasari. S.Kep. Ners Mardanik
Eka Rahayu Lestari. S.Kep. Ners Eko
Nuryaqin S.Kep. Ners Fitria
Nurul H. S.Kep. Ners TENAGA
MEDIS DOKTER PENANGGUNG
JAWAB dr.
Bramastia Riswandha Pratomo PEMILIK /PENANGGUNG
JAWAB dr.
Bramastia Riswandha Pratomo dr.
Novita Kusumah Iswanto
E.
Sumber
Daya Manusia (Ketenagaan)
Ketenagaan:
1)
Dokter penanggung jawab/pelaksana : 1 orang dokter umum
2)
Dokter pelaksana : 2
orang dokter umum ( ada STR dan SIP )
3)
Tenaga Kesehatan
·
Perawat:
S1 Ners : 4 orang
(STR, SIK)
·
Bidan
D3
Kebidanan : 2
orang (STR, SIK)
·
Apoteker
S1 Farmasi : 1 orang
(STRA, SIPA
·
Analis Kesehatan
D4 analis
kesehatan : 1 orang
(STR, SIK)
·
Dokter
Umum
:
3 orang
Gigi : 1
orang
·
Non Kesehatan
a.
Administrasi
SMK akutansi :
1 orang
b.
Office Girl
SMA : 1 Orang
c.
Driver
SMA :
1 Orang
F. PELAYANAN
a.
Rawat Jalan
- BPJS
& Umum
b.
Rawat Inap
c.
IGD 24 jam
d.
Oksigen
e.
Nebulizer
f.
EKG
g.
Akupuntur
h.
Sinar Inflaret
i.
j.
USG Abdomen
k.
Homecare
l.
KB
m. Imunisasi
1.
a. Laboratorium
Pemeriksaan laboratorium:
1.
SGOT
2.
SGPT
3.
Urea
4.
Kreatinin
5.
widal
6.
Test kehamilan
7.
Urine Lengkap
8.
Asam Urat
9.
Kolesterol
10.
Gula Darah
11.Hepatitis,
dll
b. Depo Obat
Merupakan
salah satu unit pelayanan kefarmasian seperti pegadaan menyediakan, mengelola
dan mendistribusikan obat-obatan.
c. Poli Gigi
Poli gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan
gigi dan mulut, merupakan pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian
tindakan medis pelayanan gigi
1.
Mengatasi Gigi berlubang
2.
Mengatasi penyakit gusi atau
gingifitis
3.
4.
Kanker mulut
5.
Bau mulut
6.
Sariawan
1. Fasilitas Ruangan di Klinik Kusuma
Medika
a.
Ruang tunggu
b.
Ruang periksa
c.
Ruang apotek
d.
Ruaung laboratorium
e.
Ruang tindakan
f.
Penerangan listrik PLN
g.
Kamar mandi/WC
2.
Administrasi
3.
4.
Taman Klinik
5.
. Lahan Parkir
Parkir yang memadai dan cukup
untuk kendaraan dokter, pengunjung dan pasien
F.Surat
Izin Praktik
G. Persetujuan Pembangunan
H. PENGHARGAAN
1. Sertifikat Akreditasi
Sertifikat akreditasi paripurna merupakan
predikat tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang
diterapkan di klinik.
2. Sertifikat FASYANKES
I.
Marketing
(Strategi Pemasaran)
Kegiatan Pemasaran
klinik Kusuma Medika buka setiap hari 24 jam
Produk/Jasa
yang dihasilkan/keunggulan yang dimiliki; produk yang kami jual adalah
pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari Klinik kami
adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter professional dan memiliki
surat ijin Praktek yang bekerja pada jam Praktek. Selain itu Klinik Kusuma
Medika juga melayani konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang jaga
maupun dokter jaga setiap hari.
Kegiatan
pemasaran akan dilakukan dengan berinterakasi antar individu, saling bertemu
muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan
mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
Di Klinik pelayanan akan diberikan dokter dan bidan kepada pasien semaksimal
mungkin dan menggunakan Bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain
itu pasien selalu diberikan kontrak agar kembali berobat di klinik apabila
sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga
apabila akan dirujuk ke rumah sakit.
J.
Standar Operasional Prosedur (SOP)
Standar Operasional Prosedur Klinik
Kusuma Medika :
Pengevaluasian
a.
Akan memperbanyak jumlah brosur
dan memperluas penyebaran brosur.
b.
Diadakan rapat setiap bulan untuk
semua anggota untuk dilakuakan pengevaluasian.
c.
Disediakan kotak saran untuk
pengevaluasiaan sistem pelayanan klinik Kusuma Medika.
K.
Aspek
Sosial
Klinik Kusuma Medika juga akan membantu masyarakat
sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga
kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang
mereka dapat menjangkaunya. Klinik ini juga turut serta upaya-upaya promotive
untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan
lingkungan yang sehat dan bersih.
BAB III
PENUTUP
Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia sehat, maka sangat
diperlukan pelayanan kesehatan yang optimal dimulai dari tindakan preventif,
promotif, dan kuratif kepada setiap individu di lingkungan masyarakat. Kita
sadari bersama bahwa peran pihak yayasan dalam mendukung program kesehatan
masyarakat sangat penting sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi sekarang ini.
Komentar
Posting Komentar